Selamat Datang Di Website Resmi Desa Sidodadi Kecamatan Penarik Pengaduan Layanan Kesejahteraan Sosial (Bantuan) yang ada Di Desa, Melalui SLRT -- selengkapnya...

Artikel

Berharap Warga Tertib Ternak, Sidodadi Pasang Papan Informasi Larangan Ternak Liar

23 Juli 2020 08:35:18  Media Center/S  47 Kali Dibaca  Berita Desa

sidodadi-penarik.desa.id - Pemerintah Desa Sidodadi Kecamatan Penarik dalam upaya penertiban ternak sesuai dengan PERDA Nomor 9 Tahun 2019 tentang perubahan perda nomor 26 tahun 2011tentang penertiban hewan ternak yang dilepasliarkan oleh pemiliknya dalam wilayah ini pada 2020, atas dasar perda tersebut dan juga masyarakat desa yang mengeluhkan akan ternak sapi dan kerbau yang dilepasliarkan dan mayoritas dilepas dilokasi perkebunan warga, yang mana tidak sedikit warga yang sedang melakukan replanting kebun sawit, sehingga dapat menghambat pertumbuhan jika pohon sawit yang masih muda tersebut dimakan atau dirusak oleh ternak yang dilepasliarkan, oleh kerana itu untuk upaya pencegahan pemerintah desa sidodadi memasang papan peringatan di sepuluh titik perkebunan warga.

Joko Trisusilo kades Sidodadi melalui Kasi Kesejahteraan, Abdul Rahman menyampaikan, Selain itu perda ini juga mengatur tentang sanksi denda terhadap masyarakat yang memiliki hewan ternak tetapi melepasliarkannya di jalan raya dan Perkebunan di daerah ini diperberat.

"Sanksi denda sesuai perda, untuk satu ekor sapi atau kerbau yang ditangkap sebelumnya sebesar Rp1 juta, sekarang ini sanksi dendanya diperberat menjadi Rp3 juta per ekor, sedangkan hewan ternak kambing dari sanksi denda sebelumnya sebesar Rp200 ribu, kini meningkat menjadi Rp1 juta", Kata Abdul.

Ia berharap, dengan pemberlakuan perda terbaru ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat setempat untuk tidak lagi melepasliarkan hewan ternaknya di areal perkebunan di daerah ini. (Medcen/S)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Info Media Sosial

Sinergi Program

Agenda

Galeri Foto

Album :

Album :

Statistik Penduduk

Komentar Terkini

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Lintas Bengkulu-Padang
Desa : Sidodadi
Kecamatan : Penarik
Kabupaten : Mukomuko
Kodepos : 38368
Telepon : (0737) 5243929
Email : Sidodadi.penarik@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:21
    Kemarin:36
    Total Pengunjung:4.084
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.235.107.209
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel